Senin, 23 Maret 2015

Tahukah Anda, Apa Saja Khasiat Semangka?

Hampir semua orang menyukai buah yang satu ini: Semangka. Rasanya yang manis dan warna buahnya yang merah menggoda menjadi faktor kuat mengapa buahSemangka banyak disukai orang. Buah yang memiliki nama latin Citrullus vulgaris schard ini, ternyata mengandung aneka jenis manfaat untuk kesehatan. Ya, bukan hanya rasanya yang manis, manfaatnya juga terasa “manis”.
Mungkin tak banyak yang tahu kalau buah Semangka ini ternyata banyak memiliki kandungan manfaat sebagai obat bagi beberapa penyakit. Selain itu, buah Semangka juga dapat digunakan untuk menambah kesuburan.
Beberapa khasiat yang terkandung dalam Semangka diantaranya sebagai peluruh kencing, anti-peradangan, penyejuk di saat udara panas, dan juga dapat menghilangkan rasa haus karena banyaknya kandungan cairan di dalamnya.
Dalam konteks pengobatan China, Semangka biasanya digunakan untuk menjadi pelawan summer heat yang merupakan gejala penyakit dengan ditandai oleh rasa haus, suhu tubuh yang meningkat, diare, urin yang jernih, dan muntah darah.
Buah Semangka mengandung sejumlah zat seperti protein, air lemak, karbohidrat, abu, serat; vitamin A, B, dan C. Disamping itu, Semangka juga mengandung asam amino, asam aminoasetat, sitrulin, asam folat, asam malar, arginin, karoten, bromine, kalium, natrium, silvit, dektrosa, sukrosa, dan juga fruktosa.
Masing-masing zat tersebut memiliki manfaatnya tersendiri. Arginin dan sitrulin misalnya, sangat berperan dalam pembentukan urea di dalam hati dari karbondioksida (CO2) dan ammonia sehingga keluarnya urin dapat meningkat.
Semangka juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat membantu kinerja jantung dan mampu menormalkan tekanan darah.
Kandungan likopen dalam Semangka juga sangat bermanfaat untuk antioksidan yang ternyata lebih unggul dari vitamin E dan C. Bagaimana dengan bijinya?
Biji Semangka ternyata juga mengandung protein, sitrulin, enzim urease, dan vitamin B12. Sedangkan, kandungan senyawa aktif kukurbositrin di dalam biji Semangka berfungsi dalam memacu kinerja ginjal dan menjaga tekanan darah supaya tetap dalam keadaan normal.

Efek Farmakologis Semangka untuk Kesuburan

Semangka memiliki kandungan likopen yang tinggi sehingga sangat berperan dalam mengurangi resiko kanker prostat. Penelitian pernah dilakukan oleh lembaga sekaliber All India Institute of Science New Delhi di India, pada sekitar 30-an pria yang sudah didiagnosa tidak subur.
Usia mereka berkisar dari 23-45 tahun. Mereka yang menjadi objek penelitian, kemudian diberikan 20 mg likopen sebanyak 2 kali dalam sehari selama 3 bulan.
Dan tahukah Anda, apa yang terjadi? Hasilnya, ke-30 orang tersebut memiliki jumlah sperma yang meningkat dibandingkan dengan sebelum diberikan likopen secara rutin tersebut.

Pengolahan Semangka untuk Beragam Penyakit

Kencing manis—Untuk Anda yang tengah menderita kencing manis, maka bisa menggunakan buah Semangka ini untuk pengobatan alternatifnya.
Bagaimana caranya? Potong-potong kulit buah Semangka sebanyak lebih kurang 30 gram dan juga Jambu biji. Kemudian, rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air. Minumlah air rebusan tersebut jika sudah dingin. Lakukan setiap hari sebanyak 2-3 kali dalam seharinya.
Penghalus kulit—Untuk Anda yang mendambakan kulit yang halus dan bersih dari flek hitam, bisa juga dicapai dengan memanfaatkan Semangka.
Caranya, jemur Semangka sampai kering. Kemudian, gilinglah sampai menjadi serbuk. Lalu, masukkan serbuk tersebut sebanyak 2 sendok ke dalam jus yang terbuat dari campuran Lidah buaya dan satu buah Mentimun. Setelah diaduk, gunakanlah sebagai masker. Lakukan hal tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sampai Anda melihat hasilnya.
Infeksi kandung kemih—Untuk mengobati infeksi kandung kemih, biji Semangka yang telah dipersiapkan, terlebih dahulu direbus dengan air sampai mendidih selama lebih kurang 5 menit.
Biarkanlah sampai dingin untuk kemudian diminum sebanyak 3-4 kali sehari, masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Lakukanlah hal tersebut secara konsisten sampai infeksi kandung kemihnya sembuh.
Itulah beberapa khasiat Semangka yang ternyata cukup banyak sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencobanya. Terutama, bagi kalangan pria yang hendak menambah tingkat kesuburannya, Semangka bisa dikonsumsi secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya yang menakjubkan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar