Minggu, 22 Maret 2015

Ringankan Sakit Rematik dengan Baluran Pandan Wangi

Tanaman yang satu ini, memang memiliki daun dengan aroma yang khas dan menyegarkan. Tidak heran mengapa beberapa jenis makanan dan minuman di sejumlah wilayah di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, banyak yang diberi tambahan Daun pandan untuk semakin menggugah selera. Selain itu, Daun pandan seringkali merupakan sumber pewarna hijau alami dalam makanan.
Karena pemanfaatannya yang umum inilah, tanaman Pandan wangi tidak sulit ditemui di sekitar rumah, bahkan mungkin Anda sendiri menanamnya di halaman rumah.
Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) merupakan tanaman perdu berumpun yang dapat tumbuh subur hingga tinggi 2 meter. Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan secara liar di tepi sungai, tempat lembab, atau rawa-rawa.
Batang tanaman Pandan wangi memiliki cabang dan tumbuh menjalar. Akar tunjang keluar dari sekitar pangkal batang dan cabang tanaman.
Daunnya sendiri merupakan daun tunggal dengan panjang mencapai 80 cm dan lebar 5 cm dan akan mengeluarkan aromanya yang harum apabila diremas atau diiris tipis.

Memanfaatkan Daun Pandan Wangi Sebagai Obat Rematik

Selain aromanya yang memikat, siapa sangka, ternyata Daun pandan wangi dapat digunakan untuk merawat beberapa jenis penyakit, salah satunya rematik.
Daun pandan wangi mengandung senyawa kimia yang cukup lengkap, yaitu alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, dan polifenol. Tanin memiliki efek menenangkan, sehingga baik digunakan untuk aromaterapi.
Sedangkan, senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol yang juga terkandung didalamnya, saling berkoordinasi untuk membantu meringankan rasa pegal dan sakit pada bagian tubuh yang terkena rematik.
Lantas, bagaimana cara menggunakan Daun pandan wangi untuk mengobati rematik? Ada dua cara. Mari kita perhatikan masing-masing cara tersebut.
Cara pertama:
  • Ambil 3 lembar Daun pandan wangi segar.
  • Cucilah sampai bersih. Kemudian, iris menjadi bagian kecil.
  • Panaskan setengah cangkir minyak Kelapa. Lalu, seduh irisan Daun pandan wangi dengan minyak Kelapa tersebut.
  • Tunggu hingga dingin dan ramuan tersebut bisa digunakan sebagai minyak gosok untuk membalur bagian tubuh yang sakit rematik.
Cara kedua:
  • Ambil 5 lembar Daun pandan wangi dan Daun serai sebanyak 20 lembar. Lalu, cuci sampai bersih.
  • Tumbuk sampai halus bahan-bahan tersebut dan tambahkan minyak Kayu putihdan minyak Gandapura 1 sendok makan.
  • Setelah merata, gunakan ramuan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit karena terkena rematik.
Itulah dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit rematik dengan menggunakan tanaman Pandan wangi. Untuk hasil maksimal, Anda harus melakukan pengobatan ini secara konsisten.
Jangan cepat bosan karena memang sifat tanaman herbal ialah menyembuhkan dalam tempo yang agak lambat. Ya, tak ada salahnya Anda mencoba perawatan penyakit rematik dengan tanaman herbal Pandan wangi ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar