Kamis, 19 Maret 2015

Manfaat Lemon yang Luar Biasa!

Jeruk banyak manfaatnya, dan lemon adalah salah satu jenisnya yang memiliki manfaat luas. Mulai dari masalah kesehatan, kecantikan, sampai kebersihan. Ya, kandungan asam sitrat dalam lemon sudah sering dimanfaatkan dari sejak dulu. Di bawah ini dijabarkan beberapa manfaat lemon yang dapat Anda coba.
Pengawet Buah dan Sayuran

Buatlah buah dan sayuran bertahan lebih lama dengan melapisinya cairan lemon. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu memperlambat proses pembusukan. Anda pun bisa mengawetkan sisa guakamol atau potongan buah yang tidak habis supaya bisa dimakan lain waktu.
Pembersih Serba Guna

Gantilah bahan pembersih kimia yang mahal dengan bahan alami—lemon. Bersihkan cermin, jendela, dan permukaan meja dengan campuran perasan lemon dan air dalam botol semprot. Cerahkan kembali kain-kain putih dengan menambahkan secangkir perasan lemon ke dalam rendaman cucian. Anda bahkan dapat menghilangkan noda karpet dengan larutan lemon serta sedikit garam.
Apabila microwave milik Anda sudah kotor dan bau, masukkan sejumlah lemon yang sudah dibelah dua dan air dalam mangkuk kemudian jalankan microwave selama 30 detik. Sesudahnya, lap bagian dalam microwave dan Anda bisa puas dengan microwave yang kini kembali seperti baru!
Mencerahkan Bintik Gelap Kulit

Oleskan cairan perasan lemon ke seluruh kulit untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah alami. Lemon kaya akan vitamin C yang membantu meratakan warna kulit. Lakukan pengolesan setiap hari kemudian biarkan selama 15 menit, dan rasakan sendiri perubahan warna kulit hanya dalam beberapa minggu.
Memutihkan Gigi

Ingin punya gigi putih mempesona tanpa obat pemutih yang mahal? Cobalah kehebatan manfaat lemon. Begini caranya; campurkan perasan lemon dan baking soda dalam mangkuk kecil. Aduk sampai bergelembung lalu oleskan ke gigi Anda menggunakan cotton bud dan biarkan selama semenit sebelum menyikat gigi. Hanya saja, pastikan Anda segera menyikat gigi setelah satu menit mengoleskan lemon karena asam sitrat dapat mengikis email gigi jika dibiarkan terlalu lama.
Pengusir Bau Tak Sedap

Manfaat lain lemon adalah aromanya yang cepat menghilangkan bau busuk di rumah Anda. Mulailah dengan merebus beberapa lemon sampai mendidih lalu biarkan selama beberapa jam dan perlahan aroma lemon akan menyebar ke seluruh ruangan. Anda juga bisa mencoba menaruh kulit lemon di dalam kantong sampah atau menggosoknya pada peralatan masak yang terbuat dari kayu guna menyingkirkan bau membandel.
Ramuan Pereda Mual

Peras lemon ke dalam gelas kemudian tambahkan sejumput gula guna meredakan mual. Aroma segar serta menyejukkan dari lemon sangat berperan dalam trik ini.
Merawat Kuku

Rendamlah kuku Anda di dalam semangkuk larutan lemon untuk menghilangkan noda apapun di kuku—termasuk sisa cat kuku yang membandel—dengan seketika!
Pereda Radang Tenggorokan

Anda dapat meredakan sakit tenggorokan dengan berkumur air jeruk lemon atau menyeruput teh panas yang sudah dicampur perasan lemon. Lemon juga bersifat antibakteri yang membantu menyingkirkan kuman penyebab sakit di tenggorokan.
Setelah membaca daftar manfaat lemon yang luar biasa, adakah yang sudah Anda coba? Kalau ada yang belum dicoba, sekaranglah saatnya untuk membuktikan sendiri kegunaan dari buah ajaib ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar