Jumat, 20 Maret 2015

Apa Saja Khasiat Jeruk Nipis bagi Kesehatan?

Banyak khasiat jeruk nipis yang sudah diakui oleh orang-orang. Sebut saja sebagai pelancar diet, merawat kesehatan kulit, menyembuhkan sembelit, merawat kesehatan mata, dan berbagai khasiat lain yang sangat beragam. Ya, jeruk nipis memang lebih dari sekadar buah kecil yang asam.
Dibandingkan dengan obat-obat medis yang biasanya hanya dikhususkan mengobati satu macam atau beberapa penyakit sejenis, jeruk nipis bisa berbuat lebih banyak daripada itu. Itulah alasannya kenapa sampai saat ini jeruk nipis tetap dipercaya, bahkan sudah dibuat tak terhitung banyaknya produk kesehatan berbahan jeruk nipis.
Di bawah ini adalah 5 khasiat jeruk nipis bagi kesehatan yang tak boleh diremehkan.
1Jeruk nipis merupakan anti-karsinogen. Ada senyawa limonoid di kulit jeruk nipis yang dibuktikan sanggup mencegah kanker lambungkanker darah, serta kanker usus besar. Para ilmuwan juga menemukan bahwa limonoid sebagai antioksidan mampu membuat sel-sel kanker mati. Senyawa limodoid juga dapat bertahan aktif dalam jangka waktu lama dalam aliran darah sehingga membersihkan sejumlah besar radikal bebas dari dalam tubuh.
2Kulit jeruk nipis membantu mencegah penuaan dini. Dengan bertambahnya usia ditambah lagi dengan terpaan sinar UV, menyebabkan melanin (pigmen pemberi warna kulit) tumbuh menumpuk lalu memunculkan bintik-bintik di kulit.Inilah peran kulit jeruk nipis yang mengandung senyawa yang bisa menghambat produksi melamin tersebut. Anda bisa merawat kulit dengan membubuhkan masker potongan kulit jeruk nipis guna menghambat penuaan dini pada kulit.
3Peran jeruk nipis dalam kesehatan wanita. Terdapat kandungan kalsium serta folat, yakni dua nutrisi yang sangat diperlukan wanita setelah menopause dan wanita pada umumnya. Sebuah jeruk nipis yang segar mengandung kira-kira 5 mikrogram folat dan 22 miligram kalsium. Angka tersebut cukup luar biasa jika dibandingkan ukuran jeruk nipis yang mini!
4Jeruk nipis menurunkan kadar kolesterol. Satu lagi senyawa flavonoid dalam jeruk nipis, yaitu hesperidin, sudah dibuktikan sanggup mengurangi kadar kolesterol jahat serta trigliserida. Anda bisa mendapatkan khasiat jeruk nipis sebagai penurun kolesterol dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis—baik secara langsung maupun dicampur dengan makanan atau minuman.
5Jus Jeruk Nipis untuk Mencegah Batu Ginjal. Jus jeruk nipis memiliki asam sitrat yang lebih banyak dibandingkan jus jeruk biasa. Asam sitrat inilah yang merupakan penghambat (inhibitor) alami untuk menghambat pembentukan batu ginjal yang berasal dari kalsium. Untuk mendapatkan manfaat alami yang sepenuhnya, sebaiknya buatlah sendiri jus dari perasan jeruk nipis segar daripada membeli produk-produk jus jeruk nipis yang belum tentu berbahan utama jeruk nipis.
Jeruk nipis sangat baik sebagai kesehatan Anda! Memang tidak salah banyak orang meyakini khasiat jeruk nipis untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Ditambah lagi, cara mengonsumsinya pun tidak terbatas—Anda bisa memakannya mentah-mentah, mencampur sarinya ke dalam makanan atau minuman, atau diolah menjadi beragam produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar